Wednesday, February 13, 2013

Cara Mengembalikan / Recovery SmS yang Dihapus

 

SIM Card ponsel Anda sekalipun berukuran kecil dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan yang dapat digunakan untuk menampung data SMS, Phonebook, Calling, juga identitas kartu.

Meskipun umumnya kapasitas penyimpanannya cukup kecil jika dibandingkan kapasitas penyimpanan di ponsel maupun memori eksternal, dalam banyak kasus kemampuan menyimpan data secara temporer ini bisa memberikan keuntungan buat Anda.

Sim Card Data Recovery (bisa diunduh di sini) bisa dibilang merupakan salah satu software terbaik untuk membaca data-data dari memori SIM Card, termasuk SMS yang telah terhapus. Karena kapasitas memori SIM Card yang terbatas, tak mungkin semua data yang Anda inginkan bisa ditampung di dalamnya.

Beberapa ponsel memiliki fasilitas untuk menempatkan data ke memori ini. Namun banyak ponsel lainnya terutama yang berkelas low dan middle-end, tidak dilengkapi fasilitas ini. Alhasil ponsel-ponsel yang bersangkutan melakukan prosedur penyimpanan ke memori SIM Card secara otomatis. Salah satunya terjadi ketika memori di ponsel Anda penuh, maka ponsel-ponsel jenis ini secara otomatis memindahkan SMS berikutnya ke memori SIM Card.

sim_card_data_recovery-49926-1

Agar bisa menggunakan Sim Card Data Recovery, Anda memerlukan sebuah SIM Reader generik semisal tipe PC/SC. PC/SC sendiri adalah salah satu spesifikasi standar untuk integrasi smart card yang dikenal di industri selain ISO7816. PC/SC dapat digunakan di komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 2000/XP/NT/9x. Selain itu terdapat pula PC/SC Lite yang bekerja untuk sistem operasi Linux dan dikemas dengan Mac OS X.

Untuk menjalankan aplikasi disarankan untuk menempatkan SIM Card di dalam slot SIM Reader sesuai petunjuk yang tersedia di SIM Reader, baru kemudian menjalankan aplikasinya. Pertama-tama pilih SIM Reader dengan menekan tombol bergambar kaca pembesar. Pilih “My SIM Card Reader Follows PC/SC technology standard”. Lalu tentukan salah satu reader yang terdeteksi, misalnya “Generic Smart Card Reader”. Tekan tombol OK dan akan muncul pop up.

Berikutnya Anda tinggal memilih data apa yang ingin Anda baca melalui pilihan-pilihan yang ada di kolom sebelah kiri. Jika Anda ingin membaca data SMS yang terhapus, cukup memilih SMS dan data SMS di dalam memori SIM Card yang muncul. Data-data SMS bertanda [DEL] artinya SMS tersebut tak terbaca dari memori SIM Card Anda tapi datanya belum benar-benar terhapus.

Berdasarkan pengalaman menggunakan berbagai kartu operator GSM, software ini mampu membaca data antara 25 - 30 SMS. Sayangnya ketika dicoba untuk kartu CDMA, software ini tidak merespon dan software secara otomatis tertutup.

Meskipun software ini mampu membaca data SMS yang terhapus dari memori SIM Card Anda, belum tentu SMS yang Anda harapkan ada karena bisa saja data tersebut telah tertimpa data-data baru. Salah satu kiat yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan menghentikan segera aktivitas jika Anda merasa akan menghapus data yang mungkin penting nantinya buat Anda. Jadi tak ada salahnya Anda memiliki software beserta SIM Readernya di rumah.

Download

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo